FTUI Kembali Gelar Taiwan Semiconductor Job and Study Fair

FTUI Kembali Gelar Taiwan Semiconductor Job and Study Fair

Pada Kamis, (30/5) lalu, kegiatan Taiwan Semiconductor Job and Study Fair kembali diselenggarakan di Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara FTUI dengan Intelligent Electronics Institute (III) Taiwan. Tujuan dari kegiatan ini adalah membangun hubungan kerja sama dengan universitas serta menyediakan lingkungan kerja dan belajar di perusahaan semikonduktor atau kampus Teknik di Taiwan.

Pada kesempatan ini juga hadir perwakilan dari pemerintah Taiwan, yaitu Bapak Frank Lu, Director of Economic Division, Taipei Economic and Trade Office in Indonesia, Bapak Dr.-Ing. Ir. Dalhar Susanto selaku Manajer Kerja Sama, Ventura, dan Alumni‎ FTUI, dan Ibu Rosmalita, S.Sos., M.Si, selaku Koordinator Career Development Center (CDC) FTUI.

Dr.-Ing. Ir. Dalhar Susanto, Manajer Kerja Sama, Ventura, dan Alumni‎ FTUI dalam sambutannya menyampaikan bahwa Taiwan Semiconductor Job and Study Fair adalah kesempatan emas bagi para mahasiswa dan Alumni FTUI yang tertarik pada bidang semikonduktor. Melalui kegiatan ini, beliau berharap bertambahnya jumlah alumni dan mahasiwa FTUI yang dapat melanjutkan studi dan bekerja di Taiwan.

Sementara itu, Frank Lu, Director of Economic Division, Taipei Economic and Trade Office in Indonesia menjelaskan bahwa Semikonduktor merupakan hal paling penting dalam manufaktur. Taiwan sebagai negara dengan teknologi semikonduktor terbaik di dunia dengan bangga hadir kembali ke Indonesia untuk memperkenalkan dan merekrut mahasiswa dan alumni terbaik dari FTUI.

“Sejalan dengan prioritas pembangunan Indonesia, salah satunya di bidang Semikonduktor, kami berkomitmen menjalin kerja sama dengan Indonesia. Taiwan pun telah menjadi pemain kunci dalam lanskap semikonduktor global. Perusahaan-perusahaan Taiwan mendominasi lebih dari 80 persen pasar semikonduktor. Kami berharap banyak talenta terbaik Indonesia yang dapat ditemukan pada kegitan ini, sehingga Indonesia akan memiliki Ahli Semikonduktor terbaik di masa depan,” kata Frank Lu, Director of Economic Division, Taipei Economic and Trade Office in Indonesia.

Tak hanya menawarkan kesempatan kerja di bidang Semikonduktor di Taiwan, pada Taiwan Semiconductor Job and Study Fair terbuka kesempatan meraih beasiswa S2 dan S3 untuk berkuliah di Taiwan. Beasiswa senilai 233—1100 dolar perbulan ditawarkan oleh Perguruan tinggi terbaik di Taiwan.

Ditemui pada kesemipatan ini, Helen dan Juliandri, alumni Teknik Elektro ’19 menyampaikan bahwa acara Taiwan Semiconductor Job and Study Fair membantu mereka untuk mendapatkan pekerjaan ke luar negeri. Juliandri juga menambahkan bahwa kegiatan ini memberinya jejaring dan pengetahuan baru tentang perusahaan dan perguruan tinggi dari Taiwan.

Turut berpartisipasi pada kegiatan Taiwan Semiconductor Job and Study Fair 6 perusahaan Taiwan, yaitu Ardentec, ASE, Elan, Innolux, Micron, dan USI. Selain itu, 4 kampus terbaik Taiwan juga berpartisipasi pada kesempatan ini, yaitu National Cheng Kung University (NCKU), National Tsing Hua, University (NTHU), and National Yang Ming Chiao Tung University (NYCU), dan National Kaohsiung University of Science and Technology (NKUST).