Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wawancara Online

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wawancara Online

Saat pandemi, sebagian besar perusahaan melakukan wawancara untuk rekrutmen secara online. Meskipuan begitu, ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan sebelum kamu melakukan wawancara online.

1. Pelajari Company Profile

Cari tahu profil perusahaan seperti sejarah perusahaan, produk perusahaan, program apa saja yang sedang dijalankan, serta tugas dan tanggung jawab kamu pada posisi yang kamu apply. Informasi-informasi ini penting agar kamu mengenal lebih dekat perusahaan yang sedang kamu apply.

2. Review CV

Pelajari CV yang kamu kirim. Review kembali keahlian apa yang kamu tuliskan dalam CV kamu, baik secara teknis maupun akademis. Dengan begitu, ketika pewawancara menanyakan hal-hal yang kamu tuliskan, kamu bisa menjawabnya dengan lancar.

3. Siapkan Dokumen-Dokumen Pendukung

Beberapa perusahaan biasanya meminta dokumen-dokumen pendukung seperti portofolio dan sertifikat saat wawancara berlangsung. Siapkan dokumen-dokumen tersebut di folder khusus agar kamu dapat dengan mudah mencarinya.

4. Tetap Menggunakan Pakaian Rapi

Tetap tampil sopan dan rapi saat wawancara online dengan menggunakan pakaian yang sesuai. Pewawancara ingin melihat bagaimana kamu menempatkan diri sehingga pakaian yang digunakan dapat memengaruhi hasil wawancaramu. Untuk itu, gunakan pakaian formal. 

5. Cari Tempat yang Kondusif

Jika wawancara dilakukan secara online, bukan berarti kamu dapat melakukan wawancara di mana saja. Pilih tempat yang kondusif, bebas dari gangguan, pencahayaan yang bagus, dan ruangan yang rapi. 

6. Siapkan Catatan dan Pastikan Devices Berfungsi

Untuk berjaga-jaga, siapkan catatan jika ada informasi penting yang harus kamu ingat. Pastikan juga devices yang kamu gunakan berfungsi dengan baik. Cek kualitas video, audio, dan speaker sehingga kamu dapat mendengar suara pewawancara dengan jelas, begitu juga dengan pewawancara yang bisa melihat gambar serta suara kamu dengan jelas.


Itu enam tips yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa berdoa dan semoga berhasil.