You are here: Artikel

Memanfaatkan Kegiatan Seminar

Memanfaatkan Kegiatan Seminar

Mungkin ketika kita mengikuti seminar nasional, atau seminar umum sebatas mendengarkan dan mengambil ilmu yang pembicara katakan. Tetpi disini saya akan mengulas manfaat lain ketika kita mengikuti kegiatan seminar. Berikut tips dari saya untuk kamu yang mengikuti kegiatan seminar:

  1. Cari Relasi (Perkenalan)

    “Ketika kamu mengikuti seminar, kamu duduk dengan siapa?” tanya dosen saya dikelas. “Dengan teman satu kelas yang ikut seminar juga bu” jawab saya. “Percuma saja kamu mengikuti seminar”. Lalu dosen saya mengajarkan saya ketika seminar jangan duduk bersama orang yang kita kenal. Tetapi ersama dengan orang yang tidak kenal, lalu berkenalan, tukar nomor HP, berbincang-bincang.

    Jadi ketika mengikuti seminar nasional, atau seminar umum, tentu kita tidak mengenal semua audien atau peserta yang hadir. Maksimalkan kegiatan ini untuk kita mencari relasi atau perkenalan. Mencari kawan teman baru sebanyak banyaknya, bila perlu kita berkenalan langsung dengan pembicaranya yang belum kita kenal, berkenalan dengan panitia pelaksana, atau minimal berkenal dengan audien yang duduk disebelah kita. Relasi yang kita bangun akan banyak manfaatnya untuk kita.

  2. Dokumentasikan apa yang di bahas ketika Seminar

    Jangan sia-siakan pembahasan di kegiatan seminar itu, itu semua ilmu. Apalagi jika kita sudah menginvestasikan sejumlah uang untuk dapat mengikuti seminar tersebut. Kita rekam dengan kamera, kamera video, minimal kita catat apa yang dibahas. Jika itu seminar membahas motivasi atau wirausaha, kalimat kalimat yang keluar dari seorang pembicara tersebut mahal harganya untuk dirimu sendiri, jadi jangan lupakan, dan ingat ingat untuk membangkitkan semangatmu.

  3. Bertanya

    Dari banyak orang yang hadir mengikuti seminar, biasanya tidak semua dapat bertanya, jadi ketika mengikuti seminar cepatlah atau segera bertanya, ketika sesi pertanyaan dibuka. Kamu akan mendapatkan kepuasan sendiri ketika tanda tanya dalam dirimu dapat dipertanyakan secara langsung pada pembicara.

  4. Duduk didepan

    Duduk didepan itu memberikan sesuatu yang berbeda, kamu lebih dekat dengan pembicara. Apalagi kalau seminar motivasi atau wirausaha biasanya pembicara membagi sesuatu untuk yang mau mengambilnya, kalau kamu duduk dedepan kan mudah untuk mengambil apa yang di tawarkan (action).

  5. Sebar brosur, kartu nama, jualan.

    Ini sampingan, biasanya tidak ada sangkut pautnya dengan materi seminar. Tetapi disinilah kamu ada peluang besar untuk mendapatkan manfaat lain untuk dirimu dan orang lain. Sebar brosur jika kamu memiliki usaha atau bisnis, kalau tidak ada setidaknya kamu dapat menyebar seleberan tulisanmu atau dakwahmu (kamu dapat pahala). Kartu namamu jangan lupa dikasihkan pada orang lain,  bisnismu atau nomor Hpmu yang  tercatat bermanfaat, siapa tahu orang lain dapat menawarkan kerja sama yang bermanfaat untuk kamu. Jualan : ini juga peluang besar untuk kamu, jangan takut.

Itu adalah tips dari saya ketika mengikuti seminar. Apakah kamu sudah pernah melakukannya? Semoga bermanfaat.

Sumber: http://www.kompasiana.com/perawatsukses/memanfaatkan-kegiatan-seminar_552a190af17e61175ad623b8

7 Manfaat Menguasai Bahasa Asing bagi Otak

Manfaat Menguasai Bahasa Asing bagi Otak

Read more...

Tips Memperoleh Skor Tinggi pada TOEFL

Tips Memperoleh Skor Tinggi pada TOEFL

JAKARTA - Bagi sebagian orang, Test Of English as a Foreign Language alias TOEFL adalah salah satu tes tersulit. Padahal, sebelum mengikuti tes ini, kamu bisa melakukan beberapa hal supaya lebih siap dan mampu menghasilkan skor yang tinggi.

Berikut tips untuk mencapai skor tinggi pada TOEFL, dikutip dari Englishteachermelanie, Rabu (22/4/2015).

1. Pastikan kamu memahami TOEFL

TOEFL adalah tes kemampuan bahasa inggris yang berfungsi untuk mengukur kemampuan bahasa inggris, melalui aspek membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis.

2. Bersiap diri sebelum tes

Untuk siap mengikuti TOEFL dan mencapai skor yang tinggi, setidaknya kamu membutuhkan waktu enam bulan sampai satu tahun, apalagi kalau kamu belum pernah mengetahui pola tes ini sebelumnya. Kamu juga bisa mengambil kursus untuk persiapan tersebut.

3. Baca dan dengar segala hal

Ketika kamu sedang mempersiapkan diri mengambil TOEFL, jangan hanya membaca dan mendengar hal-hal yang kamu sukai. Kamu juga perlu membaca secara luas untuk memperbanyak kosa kata yang bisa dihafalkan. Pasalnya, dalam TOEFL kamu akan membaca tulisan dari segala bidang, baik sejarah, astronomi, dan sebagainya.

4. Pelajari membuat catatan yang baik

Keterampilan ini sangat penting karena saat tes kamu akan mencatat hal yang kamu dengar dari rekaman. Pada saat tes mendengarkan, rekaman tersebut hanya diperdengarkan sebanyak satu kali. Untuk itulah, catat bagian-bagian penting agar kamu bisa menjawab pertanyaan yang diberikan dengan benar.

5. Pastikan kamu memilki pengucapan yang jelas

Jika kamu sulit untuk menghilangkan aksen khasmu saat tes, itu tidak menjadi suatu masalah. Pengucapan bahasa Inggris-mu tidak harus sempurna, tetapi kamu perlu berbicara dengan jelas dan mampu dipahami.

6. Biasakan memakai qwerty keyboard

Ada beberapa tes TOEFL yang dilakukan secara online. Oleh karena itu biasakan dirimu untuk menggunakan qwerty keyboard. Sebab, saat menjalani tes kamu akan melakukan tes menulis sehingga diperlukan keterampilan untuk mengetik dengan baik.

7. Latihan cara menulis esai dengan bahasa inggris

Ada dua bagian dalam tes ini. Tes menulis dilakukan di akhir dari proses tes. Kamu setidaknya harus menulis 300 kata dalam waktu 30 menit.

8. Latihan

Semakin sering kamu berlatih, semakin sering kamu terbiasa untuk mengerjakan soal TOEFL. Dengan terus berlatih, kemungkinan untuk memperoleh skor yang tinggi semakin besar.

9. Santai

Jangan tegang dalam menghadapi TOEFL. Meskipun tes ini bukan ujian yang mudah, penting bagimu untuk santai dan tenang selama tes berlangsung.

10. Ikutlah TOEFL lebih dari dua kali

Tidak akan ada orang yang tahu berapa skor TOEFL kamu jika kamu tidak memberitahunya. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengikuti tes lagi saat kamu mendapatkan skor yang rendah. Jangan menyerah sampai kamu bisa mendapatkan skor yang tinggi.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/04/21/65/1137667/tips-memperoleh-skor-tinggi-pada-toefl


Page 4 of 43