You are here: Informasi

6 Cara Dongkrak Motivasi Bekerja

Kadang pekerjaan membuat seseorang merasa frustasi. Mungkin itu bisa karena tugas menumpuk dan beban kerja berat.

Bahkan seseorang harus bekerja untuk melakukan yang tidak sukainya. Hal itu terjadi lantaran untuk membiayai hidup, bahkan loncatan untuk sesuatu lebih baik.

Oleh karena itu, Anda dapat keluar dari masalah pekerjaan itu dengan mendobrak pikiran negatif terhadap pekerjaan yang digeluti. Berikut enam hal yang dapat dilakukan untuk memotivasi agar tetap semangat bekerja seperti dikutip dari laman wisebread, Minggu (8/3/2015):

1. Melihat Tujuan Kerja

Pekerjaan yang dilakukan memiliki tujuan. Bila Anda tidak memilikinya, maka Anda dapat membuat garis besar tujuan yang ingin dicapai. Anda dapat menguraikan tujuan kinerja mulai dari proyek selesai dan sejumlah tujuan lainnya.

Masalahnya memiliki tujuan atau tidak apakah itu cukup membuat Anda termotivasi. Oleh karena itu, lihat atlet yang memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan. Anda juga perlu membayangkan diri untuk mencapai tujuan.

Lalu buat rincian yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan visuliasasi, rincian dan tindakan untuk wujudkan tujuan maka dapat mendorong Anda berpikir positif.

2. Memberikan Penghargaan kepada Diri Sendiri

Selain memiliki tujuan untuk jangka panjang dan pendek maka Anda dapat memberikan hadiah kepada diri sendiri. Setiap kali Anda berhasil berikan imbalan untuk meningkatkan kebahagiaan dan motivasi.

Dengan langkah itu juga mendorong Anda memiliki tujuan dan memikirkan apa yang seharusnya dilakukan baik jangka panjang, menengah dan pendek? Ketika Anda memenuhi tujuan itu maka Anda dapat memberi hadiah kecil.

3. Buat itu Sesuatu Menyenangkan

Tugas-tugas yang dihadapi kadang membosankan, tetapi kadang Anda harus membuat itu menjadi sesuatu menyenangkan. Saat melakukan pekerjaan dengan menyenangkan maka itu memotivasi Anda juga bekerja meski memiliki tantangan dan menghadapi kebosanan.

Selain itu, Anda tidak harus bekerja pada hal sama untuk mengusir kebosanan. Anda dapat meluangkan waktu sejenak bersama teman untuk berdiskusi dan bercanda. Ini agar membuat pekerjaan menjadi lebih menyenangkan.

4. Ingat Alasan Bekerja Anda

Jika Anda mencari di luar diri Anda untuk motivasi, kadang-kadang Anda tidak dapat menemukannya. Sebaliknya lihat ke dalam diri sendiri untuk alasan mengapa Anda ingin melakukan pekerjaan.

Motivasi dari dalam diri sendiri dapat datang dari berbagai tempat. Mungkin Anda ingin melakukan pekerjaan baik unntuk mendukung keluarga dan merawat sesseorang. Ketika Anda tahu alasannya maka motivasi Anda datang dari dalam diri sendiri.

5. Kontrol Apa yang Anda Bisa

Apakah Anda bekerja dengan tim dan sendiri? Setiap pekerjaan datang dengan keadaaan yang berada di luar kendali Anda. Sebaliknya berpikir secara konkret tentang apa yang dapat Anda kontrol.

6. Buat Rencana B

Motivasi dapat merosot ketika Anda merasa seperti gagal, terutama ketika itu terjadi di tempat kerja. Alih-alih melihat proyek yang tidak berhasil sebagai kegagalan.

Kegagalan tidak berarti bahwa Anda tidak memiliki ide baik. Bahkan jika Anda gagal berkali-kali, itu tidak berarti bahwa apa yang Anda kerjakan adalah sebuah kegagalan.

Oleh karena itu menemukan motivasi di tempat kerja adalah lebih lanjut tentang pola pikir Anda dari apa pun. Ketika Anda mengubah cara berpikir tentang tugas-tugas, Anda akan mengubah cara pandang untuk lebih termotivasi dan bahagia di tempat kerja. (Ahm/)

 

Sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/2187212/6-cara-dongkrak-motivasi-bekerja

3 Alasan Kuliah di Luar Negeri Bisa Mempercepat Kesuksesan Anda

Alasan Kuliah di Luar Negeri Bisa Mempercepat Kesuksesan Anda

Apakah Anda salah satu orang yang punya impian bisa kuliah di luar negeri? Kuliah di luar negeri pada dasarnya bukan hanya untuk gengsi atau pamer belaka. Ada yang lebih penting dari itu. Anda bisa menciptakan peluang karier yang lebih cemerlang dengan berkuliah di luar negeri.

Saat berkuliah di luar negeri, Anda akan mendapat segudang pengalaman. Tak hanya sebatas pengalaman belajar secara akademik, tapi juga secara non-akademik. Ada banyak pelajaran dan pengalaman hidup yang bisa Anda dapatkan dengan kuliah di luar negeri. Dan semua pengalaman berharga tersebut bisa jadi modal Anda untuk mendapatkan karier impian yang lebih cemerlang.

Ini dia tiga alasan kenapa kuliah di luar negeri bisa membantu Anda ciptakan karier yang cemerlang. Let's check this out!

Mandiri, Awalnya Terpaksa Jadi Terbiasa
Saat kuliah di luar negeri, Anda mau tak mau harus bisa bertahan dan berjuang sendiri. Anda perlu mengatur segala sesuatunya secara mandiri. Awalnya memang terpaksa dan berat. Tapi lama kelamaan Anda akan terbiasa. Pengalaman dan kebiasaan ini nantinya akan sangat berguna bagi Anda yang akan terjun ke dunia karier. Anda bisa lebih mantap dan percaya diri menggunakan kemampuan Anda saat berkarier nantinya. Tanpa harus bergantung pada orang lain. Tanpa menunggu diarahkan atau diperintah-perintah lagi.

Tak Gampang Panik Saat Menghadapi Masalah
Masalah akan jadi bagian dari keseharian Anda kuliah di luar negeri. Mulai dari masalah adaptasi dengan lingkungan baru, menghadapi culture shock, berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda, hingga memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Semua masalah itu akan membentuk karakter dan kepribadian Anda jadi orang yang tak gampang panik saat menghadapi masalah.

Di dunia kerja, Anda akan menghadapi berbagai persoalan baru. Mental Anda akan benar-benar diuji saat berkarier. Namun, kalau Anda sudah punya bekal kemampuan menghadapi masalah dengan baik, maka Anda tak akan menemukan persoalan berat. Setiap masalah tak ubahnya sebuah tantangan yang perlu Anda hadapi dan taklukkan dengan berani.


“If you aim to be the best then it's essential to evolve constantly, learn from past mistakes, look for new opportunities and have the flexibility to implement improved processes and solutions along the way.”
― Mark Gallagher



Berani Mengambil Risiko
Berani ambil risiko, berani mengambil langkah baru, berani mempercepat langkah untuk karier yang lebih cemerlang. Ketika Anda memutuskan untuk kuliah di luar negeri, Anda sudah mengambil sebuah risiko. Anda berani mengambil risiko jauh dari keluarga dan kerabat demi sebuah impian. Anda tahu akan ada banyak hal berat yang harus Anda hadapi saat di luar negeri. Tapi Anda dengan mantap dan yakin tetap melangkahkan kaki ke depan.

Begitu pula di dunia karier. Keberanian Anda mengambil risiko dalam mengerjakan sebuah proyek misalnya akan membuat Anda terlihat berbeda dan lebih menonjol. Anda akan makin diperhitungkan sebagai seseorang yang lebih unggul dan berbeda dari lainnya.

Saat ini ada banyak peluang beasiswa untuk kuliah di luar negeri secara gratis yang bisa Anda dapatkan. Jadi kesempatan untuk kuliah di luar negeri tak hanya dimiliki oleh orang-orang kaya dan berduit saja.

semoga kesuksesan selalu menyertai Anda dalam berkarier. Jangan ragu apalagi takut untuk terus memperjuangkan impian-impian Anda!

Sumber: http://www.vemale.com/tags/tips-karir/

Memanfaatkan Kegiatan Seminar

Memanfaatkan Kegiatan Seminar

Mungkin ketika kita mengikuti seminar nasional, atau seminar umum sebatas mendengarkan dan mengambil ilmu yang pembicara katakan. Tetpi disini saya akan mengulas manfaat lain ketika kita mengikuti kegiatan seminar. Berikut tips dari saya untuk kamu yang mengikuti kegiatan seminar:

  1. Cari Relasi (Perkenalan)

    “Ketika kamu mengikuti seminar, kamu duduk dengan siapa?” tanya dosen saya dikelas. “Dengan teman satu kelas yang ikut seminar juga bu” jawab saya. “Percuma saja kamu mengikuti seminar”. Lalu dosen saya mengajarkan saya ketika seminar jangan duduk bersama orang yang kita kenal. Tetapi ersama dengan orang yang tidak kenal, lalu berkenalan, tukar nomor HP, berbincang-bincang.

    Jadi ketika mengikuti seminar nasional, atau seminar umum, tentu kita tidak mengenal semua audien atau peserta yang hadir. Maksimalkan kegiatan ini untuk kita mencari relasi atau perkenalan. Mencari kawan teman baru sebanyak banyaknya, bila perlu kita berkenalan langsung dengan pembicaranya yang belum kita kenal, berkenalan dengan panitia pelaksana, atau minimal berkenal dengan audien yang duduk disebelah kita. Relasi yang kita bangun akan banyak manfaatnya untuk kita.

  2. Dokumentasikan apa yang di bahas ketika Seminar

    Jangan sia-siakan pembahasan di kegiatan seminar itu, itu semua ilmu. Apalagi jika kita sudah menginvestasikan sejumlah uang untuk dapat mengikuti seminar tersebut. Kita rekam dengan kamera, kamera video, minimal kita catat apa yang dibahas. Jika itu seminar membahas motivasi atau wirausaha, kalimat kalimat yang keluar dari seorang pembicara tersebut mahal harganya untuk dirimu sendiri, jadi jangan lupakan, dan ingat ingat untuk membangkitkan semangatmu.

  3. Bertanya

    Dari banyak orang yang hadir mengikuti seminar, biasanya tidak semua dapat bertanya, jadi ketika mengikuti seminar cepatlah atau segera bertanya, ketika sesi pertanyaan dibuka. Kamu akan mendapatkan kepuasan sendiri ketika tanda tanya dalam dirimu dapat dipertanyakan secara langsung pada pembicara.

  4. Duduk didepan

    Duduk didepan itu memberikan sesuatu yang berbeda, kamu lebih dekat dengan pembicara. Apalagi kalau seminar motivasi atau wirausaha biasanya pembicara membagi sesuatu untuk yang mau mengambilnya, kalau kamu duduk dedepan kan mudah untuk mengambil apa yang di tawarkan (action).

  5. Sebar brosur, kartu nama, jualan.

    Ini sampingan, biasanya tidak ada sangkut pautnya dengan materi seminar. Tetapi disinilah kamu ada peluang besar untuk mendapatkan manfaat lain untuk dirimu dan orang lain. Sebar brosur jika kamu memiliki usaha atau bisnis, kalau tidak ada setidaknya kamu dapat menyebar seleberan tulisanmu atau dakwahmu (kamu dapat pahala). Kartu namamu jangan lupa dikasihkan pada orang lain,  bisnismu atau nomor Hpmu yang  tercatat bermanfaat, siapa tahu orang lain dapat menawarkan kerja sama yang bermanfaat untuk kamu. Jualan : ini juga peluang besar untuk kamu, jangan takut.

Itu adalah tips dari saya ketika mengikuti seminar. Apakah kamu sudah pernah melakukannya? Semoga bermanfaat.

Sumber: http://www.kompasiana.com/perawatsukses/memanfaatkan-kegiatan-seminar_552a190af17e61175ad623b8

Page 5 of 45