You are here: Informasi 12 Nasihat yang Berlaku di Dunia Kerja

12 Nasihat yang Berlaku di Dunia Kerja

Saat masih sekolah dulu, sebelum pergi ke sekolah mungkin Anda pernah mendengar beberapa nasihat dari orang tua Anda, seperti “hati-hati di jalan” atau “kalau guru sedang mengajar, tolong perhatikan” dan masih banyak lagi nasihat yang sering mereka ucapkan untuk Anda. tujuan dari nasihat itu bersifat motivasi untuk Anda, agar bisa belajar dengan maksimal di sekolah dan mengurangi terlalu banyak bermain.

Saat beranjak dewasa dan mulai memasuki dunia baru, seperti zaman sekolah menengah atas atau universitas, ternyata nasihat seperti itu masih saja berlaku untuk Anda. jika begitu apakah di tingkat yang lebih tinggi lagi, seperti di dunia kerja misalnya, nasihat itu masih akan berlaku? jawabannya adalah bisa  iya atau juga tidak. Perlu diketahui bahwa di dunia kerja, nasihat atau petuah untuk meningkatkan kinerja Anda juga masih akan berlaku jika memang meningkatkan kinerja.

Seperti apa nasihat atau petuah yang sering dikenal di dunia kerja tersebut, berikut ulasannya:


1. No Pain, No Gain

No Pain, No Gain

Biasanya petuah seperti ini Anda sering dengar dalam dunia olahraga. Namun ternyata di dunia kerja, No Pain No Gain ini bisa diartikan bahwa jika Anda hanya bermodal bakat atau kepintaran saja, tidak akan bisa membuat karir Anda maju. Ketika bekerja, siapa karyawan yang paling tekun bekerja, rajin mengerjakan dengan tepat waktu, menjaga kerapian dokumennya, maka karyawan tersebut berhak untuk menapaki jenjang karir yang lebih tinggi dari karyawan lainnya.

Perusahaan saat ini tentunya sangat menyukai karyawan yang dapat bekerja untuk memenuhi target dateline dan kualitas. Sebaiknya Anda yang pekerja lebih meningkatkan kelebihan yang dimiliki untuk menutupi kekurangan yang ada ketika bekerja. Dibarengi dengan disiplin dan kemauan untuk bekerja, karir yang lebih baik akan meningkat.

2. No Money, No Honey

Begitu Anda membahas soal uang, akan menjadi hal yang cukup sensitif untuk sebagian orang, terutama untuk karyawan yang menginginkan kenaikan gaji setiap tahunnya. Ditambah lagi dengan kondisi ekonomi Negara Anda yang tidak stabil dan hasil kinerjanya juga mengalami penurunan.

3. Makin Banyak Koki yang Ikut Memasak, Rasanya Makin Tidak Enak

 

Teamwork

Nasihat ini sepertinya sedikit mengulas mengenai terlalu banyak campur tangan orang dalam menghadapi atau mengerjakan sesuatu, maka pekerjaan tersebut akan cepat selesai. Dalam dunia kerja, apa benar jika bekerja sendiri hasilnya lebih baik daripada bekerja secara team? Jawabannya tentu tidak. Dalam dunia kerja saat ini, justru teamwork adalah hal yang dibutuhkan untuk tercapainya tujuan-tujuan suatu pekerjaan.

Dalam sebuah team ada beberapa orang dengan keahlian tertentu, sehingga dalam menuntaskan masalah pekerjaan akan dilihat dari berbagai keahlian si pekerjanya. Dengan begitu hasil kerja akan lebih optimal. Ketika bekerja secara team maka usahakan buat organisasi kecil di dalamnya. Seperti ada pemimpin dan juga ada anggotanya. Usahakan team kerja ini tidak berjumlah lebih dari 10 orang, untuk menghindari adanya grup kecil lainnya di dalam team  itu sendiri.

4. Bersakit-sakit Dahulu, Bersenang-senang Kemudian

Nasihat di atas sepertinya sudah sering Anda dengar, bahkan sejak dari kecil dulu. Maknanya memang benar-benar menumbuhkan motivasi bagi diri Anda. sebagai manusia, Anda memang cenderung akan memberikan tantangan pada diri Anda, dengan menjadikan tantangan tersebut sebagai akhir dari perjuangan. Dengan begitu Anda akan mengetahui apakah Anda mampu menyelesaikan tantangan tersebut di akhir.

Dalam bekerja juga seperti itu, sebaiknya kerjakan dulu hal-hal yang rutin dan cukup membosankan, setelah itu baru Anda mencoba untuk menyelesaikan pekerjaan yang cukup berat. Idealnya, hal ini tidak dilakukan secara berlanjut, namun ketika bekerja, Anda membaginya ke dalam porsi yang sesuai kebutuhan. Bekerja dan juga berisitirahat tentu harus seimbang dalam hal ini.

5. Kerjakan Hanya yang Anda Bisa

 

Kerjakan Hanya yang Anda Bisa

Nasihat seperti ini juga berlaku di dunia kerja. Saat bekerja tentunya Anda sudah mengetahui apa tugas yang seharusnya Anda selesaikan dan mana tugas yang bukan merupakan tanggung jawab Anda. Jangan sampai Anda juga harus mengerjakan pekerjaan yang sebenarnya Anda juga tidak mengerti dan bukan di dalam jangkauan Anda.

6. Semakin Berisi, Semakin Merunduk

Nasihat yang satu ini mungkin bermakna agar para pekerja atau karyawan tidak menjadi orang yang pasif dalam menghadapi masalah di dunia kerjanya. Misalnya saat sedang ada meeting berkala dengan pimpinan perusahaan dan membahas masalah yang sedang menimpa perusahaan. Sebagai karyawan, jika memang Anda memiliki ide yang baik, silakan kemukakan dengan cara Anda dan bahasa yang mudah dimengerti oleh rekan kerja Anda. Hindari menjadi follower yang hanya setuju saja dengan berbagai keputusan tanpa mengetahui risikonya.

7. Tingkatkan Networking

 

Meningkatkan Networking

Dalam dunia kerja atau pun dunia bisnis, networking adalah hal yang sangat penting yang akan memberikan pengalaman baru kepada Anda. Perluas jaringan network rekan kerja Anda yang sama-sama memahami bidang pekerjaan terkait. Dengan begitu, permasalahan yang sedang dihadapi dalam pekerjaan Anda mungkin akan lebih cepat selesai. Jangan menyalahgunakan networking yang ada untuk kemajuan karir semata. Jika terjadi seperti itu, akan berbahaya bagi karir Anda sendiri.

8. Menjaga Kerapian

Dunia kerja selalu identik dengan seragam kerja yang rapi, bersih dan juga professional. Kesan pertama dunia kerja memang seperti itu, karena mereka akan berhubungan langsung dengan beberapa orang untuk sebuah pekerjaan. Tidak hanya kerapian dalam seragam kerja saja, kerapian untuk tugas yang diselesaikan, kerapian untuk menyimpan file atau dokumen penting di kantor Anda, juga menjadi hal penting yang mendukung nasihat ini. orang yang mencintai kerapian identik dengan orang sukses, karena berhasil mengatur hal kecil di dalam dirinya sendiri, tentu akan menjadi dasar berhasilnya mengatur hal besar di depannya.

9. Sukses Tidak Datang Dengan Sendiri

Arti kata sukses ini biasanya diidentikkan dengan berhasil mencapai apa yang diinginkan dalam skala besar dan umum. Namun sukses dalam dunia kerja tidak harus seperti itu. Sukses dalam dunia kerja bisa diartikan sukses menangani hal-hal kecil dulu, seperti sukses menuntaskan pekerjaan yang telah memiliki dateline, sukses menyusun laporan keuangan dengan tepat, sukses membuat dan melakukan presentasi sehingga berhasil mengajak perusahaan lain untuk bekerja sama dan masih banyak lagi.

10. Bangun Pagi Akan Banyak Rejeki

Nasihat ini tidak menyuruh Anda , para karyawan untuk bangun sangat pagi dan mulai bekerja di waktu pagi sekali. Semua berjalan sesuai waktunya. Anda hanya perlu mengatur waktu Anda saja. kapan akan merasa sangat semangat bekerja, jam berapa akan merasa sangat ngantuk dan jam berapa akan merasa lapar. Aturlah jam tersebut, sehingga Anda bisa menemukan jam kerja optimal Anda.

11. Jaga Rahasia Perusahaan

 

Jaga Rahasia Perusahaan

Sebagai karyawan, Anda harus memiliki sifat professional dalam diri Anda. Ketahuilah apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan dalam perusahaan tempat Anda bekerja. Jika nantinya, harus keluar dari perusahaan untuk bekerja di perusahaan lainnya, sebaiknya tidak usah menjelek-jelekan perusahaan lama Anda.

Baik itu dari segi gaji, fasilitas dan juga aturan kerja. Sampaikan hal yang terbaik yang dimiliki perusahaan tempat Anda bekerja kepada orang banyak, siapa tahu diantara orang yang Anda beritahu tersebut ada yang lebih cocok untuk bekerja dan mengabdi kepada perusahaan tersebut dibandingkan Anda. Beri kesempatan kepada orang lain dengan nilai positif.

12. Rezeki Tidak Turun Dari langit

Rezeki dalam hal ini bukan saja mengenai soal materi berupa uang. Rezeki dalam hal ini bisa juga berarti promosi Anda oleh perusahaan, agar karir semakin baik lagi. Semua ini tergantung dari kinerja Anda selama bekerja. Jika selalu berprestasi, tentu perusahaan akan memberikan peluang kepada Anda untuk lebih meningkatnya karir dan juga nama Anda di perusahaan tersebut. karir yang meningkat tentunya akan berpengaruh juga terhadap keadaan finansial Anda.

Ambil Nasihat Yang Positif, Abaikan Nasihat Yang Negatif

Ikuti nasihat atau petuah yang terbukti memberikan pengaruh positif dalam pekerjaan Anda. Karena itu akan sangat berguna untuk jalan Anda meniti karir ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Abaikan nasihat yang tidak terlalu berpengaruh dalam pekerjaan Anda. Tetap semangat dan berprestasi di dunia kerja.

 

Edited by Siti Hadijah

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/ini-dia-12-nasihat-yang-berlaku-di-dunia-kerja