You are here: Informasi 9 Cara Agar Tetap Semangat Jalani Karier

9 Cara Agar Tetap Semangat Jalani Karier

Waktu berlalu begitu cepat hingga mungkin akhirnya Anda menyadari sudah memasuki usia 30 tahun. Bahkan 40 tahun. Tak terasa juga Anda telah berkarier cukup lama. Begitu banyak hal yang sudah dihadapi dan pengalaman di dunia kerja.

Atau bahkan ada juga yang merasa tak ada perubahan signifikan meski sudah lama bekerja. Anda pun teringat ketika masih menyimpan mimpi dan harapan saat muda atau berusia 20 an. Bagaimana pun juga jiwa muda Anda yang mengetuk hati baik untuk Anda agar mengisi ulang kehidupan yang dijalani.

 

Berikut sejumlah tips agar tetap terus berjiwa muda sehingga membantu dalam karier, seperti dikutip dari laman Wisebread, Rabu (12/4/2017) :

 

1. Terus berusaha

Kadang kita merasa terjebak dalam masalah pekerjaan dan pribadi di kantor. Jiwa muda Anda pun tidak dapat menerima kompromi apa pun. Jika Anda lama tertunda mendapatkan promosi, terjebak situasi kalau pekerjaan hanya mengambil keuntungan dari Anda, merasa buruk di dunia kerja.

Cobalah cari tahu apa yang Anda paling inginkan dan layak mendapatkannya. Anda pun harus bahagia dengan kehidupan kerja yang dijalani. Jadi menjalani pekerjaan yang digeluti bukan berlalu begitu saja.

2. Lebih produktif

Jiwa muda Anda selalu ingin mendorong Anda untuk tetap bertahan dan berdiri. Kemudian tetap bersemangat dengan apa yang dilakukan. Bahkan produktif dengan apa yang diinginkan.

3. Ikuti passion Anda

Seiring bertambahnya usia, kadang-kadang kita merasa terdorong untuk mengesampingkan kepentingan diri sendiri, dan terus menjalani tanggung jawab serta tuntutan sebagai orang dewasa.

Meski demikian, jika terlalu lama mengabaikannya juga dapat membuat kita kehilangan semangat menjadi kewajiban dan melupakan apa yang sebenarnya mendorongan tetap semangat. Cobalah untuk menemukan passion Anda. Kemudian ambil kelas atau ikut komunitas untuk mendukung passion Anda tersebut.

4. Jangan buang waktu dari pekerjaan yang tak disukai

Jiwa muda Anda sangat ini berkarier sesuai dengan apa yang disukai dan sesuai kemampuan. Anda memiliki semangat, ketekunan dan passion untuk berhasil di bidang Anda. Jiwa muda tak menoleransi bila bekerja hanya berdasarkan gaji. Oleh karena itu, bila Anda hanya bekerja berdasarkan gaji cobalah menemukan pekerjaan apa yang disukai dan kemampuan Anda.

Cobalah untuk menjalaninya dengan tulus, semangat dan sambil menemukan apa yang menjadi gairah dalam bekerja. Dengan begitu juga diharapkan dapat membangkitkan produktivitas.

5. Jangan biarkan uang menguasai Anda

Ketika muda dan memulai karier, Anda merasa baik-baik saja dengan upah minimum saat itu. Akan tetapi sesudah waktu berjalan maka gaji naik membuat gaya hidup berubah, bukan lagi menghabiskan sesuai apa yang dibutuhkan tetapi diinginkan.

Cobalah untuk menggunakan penghasilan sesuai dengan apa yang dibutuhkan Hal itu juga dapat membuat Anda memiliki keputusan yang membuat bahagia tanpa harus khawatir soal uang.

6. Tinggalkan pekerjaan Anda di kantor

Ketika memulai karier mungkin Anda tidak membawa pekerjaan di rumah. Tanggung jawab pun belum begitu banyak. Namun seiring waktu dengan kenaikan jabatan, maka begitu sulit membedakan antara pekerjaan dan rumah terutama kini ponsel pintar dalam genggaman.

Ini membuat Anda harus hadapi email dan kemudahan akses mendapatkan dokumen. Jiwa muda Anda pun mengingatkan untuk menikmati waktu berkualitas di rumah. Tinggalkan pekerjaan Anda di kantor. Dengan begini ini dapat ciptakan keseimbangan hidup.

7. Manfaatkan waktu akhir pekan

Ketika muda biasanya waktu akhir pekan dimanfaatkan untuk berjalan-jalan bersama teman, rileks di rumah dan menghabiskan waktu berkualitas. Jangan menghilangkan kebiasaan itu. Adanya akhir pekan bertujuan untuk sebuah alasan. Anda bukan robot.

Menghabiskan waktu tanpa khawatir pekerjaan dan kewajiban merupakan hal untuk merecharge kembali tubuh Anda. Bebaskan pikiran dan kekhawatiran pekerjaan saat akhir pekan, coba hobi baru, dan bahkan hanya bisa tidur saja.

8. Lihat kesempatan baru

Kadang ketika semakin tua maka kehilangan motivasi. Kita sudah biasa dengan rutinitas, tak bosan dengan hal baik yang datang. Cobalah untuk melakukan hal baru, belajar sesuatu yang baru untuk meningkatkan kemampuan dan jaringan.

9. Jangan takut berubah

Jiwa muda Anda selalu merasa tidak takut. Cobalah melakukan pekerjaan baru yang dapat meningkatkan kehidupan Anda. Atau Anda mencoba mewujudkan mimpi meski tak muda lagi. Lakukan sesuatu dengan penuh tanggung jawab.

Oleh  : Agustina Melani

Sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/2917711/9-cara-agar-tetap-semangat-jalani-karier?source=search