You are here: Informasi Kunci Sukses Hadapi Psikotes Kerja

Kunci Sukses Hadapi Psikotes Kerja

Psikotes merupakan salah satu tes psikologi yang dilakukan oleh seseorang dimana hasil dari tes itu sendiri dapat menggambarkan sifat dari orang yang melakukan tes tersebut. Bagi anda yang saat ini tengah sibuk melamar pekerjaan, pastinya anda akan melewati tes ini, sehingga nantinya anda akan dinilai oleh pihak perusahaan apakah anda cocok atau tidak bergabung di perusahaan yang anda lamar.

Berikut ini 10 bentuk tes psikotes serta tips untuk mengatasinya agar anda sukses dalam menghadapi psikotes ini.

1. Tes Logika Aritmatika

Bentuk dari tes ini yaitu terdiri dari beberapa deretan angka. Pengukuran yang dilakukan dalam tes ini yaitu kemampuan anda dalam menganalisis atau memahami pola tertentu dalam wujud angka, setelah itu anda harus memprediksi beberapa hal lainnya berdasarkan pola yang telah ditentukan tersebut.

Untuk mengatasi persoalan ini, kami memberikan beberapa tips yaitu anda jangan terlalu terpaku terhadap deretan angka perhitungan saja, namun adakalanya anda juga melihat deret secara keseluruhan dikarenakan mungkin saja pola bisa beruapa urutan, pengelompokan yang berurut atau pun pengelompokan loncat. Selain itu, anda juga harus melatih kemampuan anda dari sejumlah buku tes UMPTN/SPMB guna melatih materi deret hitung atau angka.

2. Test Logika Penalaran

Bentuk dari tes ini yaitu terdiri dari deretan gambar yang terdiri dari 2 dimensi atau pun 3 dimensi. Yang akan diukur dari tes ini yaitu kemampuan yang dimiliki anda dalam memahami pola dalam wujud gambar, setelah itu anda diharuskan untuk memprediksi pola tersebut.

Dan untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya jika anda berkonsentrasi dalam melakukan hal tersebut, serta lebih hati-hati lagi serta teliti, dikarenakan bentuk dari gambar tersebut semuanya hampir sama walaupun memang pada kenyataannya seluruhnya berbeda.

3. Analog Verbal Test.

Bentuk dari tes ini yaitu terdiri dari 40 soal yang isinya berbentuk sinonim, antonim, atau pun analog suatu kata. Jika anda ingin sukses melewati tes ini, anda harus melatih konsentrasi anda dari sekarang, karena pada tahapan ini memerlukan konsentrasi yang ekstra untuk menyelesaikannya.

4. Kraeplien/Pauli.

Dalam tes ini, terdapat gugusan angka-angka yang memang telah disusun secara membujur dalam bentuk lajur-lajur. Ketika tes ini berlangsung, orang yang melakukan tes ini akan diminta untuk menjumlahkan dua angka yang memang posisinya berdekatan dalam waktu yang memang telah ditentukan di setiap kolom serta diminta untuk menuliskan disampingnya.

Agar anda dapat menjalankan tes ini dengan sukses, ada baiknya jika anda menggunakan pensil biasa saja dan jangan anda menggunakan pensil yang mekanis. Anda juga harus berusaha jumlah angka yang akan anda jumlahkan masing-masing di kolom stabil, karena hasil yang akan anda dapatkan jauh akan lebih stabil jika dibandingkan dengan anda memaksakan diri di awal tes namun pada pertengahan atau pun akhir anda mendapatkan kesulitan. Dan satu hal utama yang paling penting yaitu, konsentrasi yang ada di dalam diri anda.

5. Wartegg Test.

Tes ini terdiri dari delapan kotak yang masing-masing memiliki isi bentuk-bentuk tertentu. Pada tes ini anda akan diminta untuk menggambarkan kemudian menuliskan urutan dari gambar yang memang telah anda buat pada waktu sebelumnya, setelah itu anda juga akan diminta untuk menuliskan nomor gambar yang anda sukai juga yang anda tidak sukai, gambar yang sulit serta mudahbagi anda.

Agar anda mudah melalui tes ini, ada baiknya jika anda menggambar dengan membuat kombinasi antara nomor yang sesuai serta nomor yang diacak. Misalnya 1, 2, 3, 4 lalu 8, 7, 6, 5. Jika hal tersebut anda lakukan, maka pihak HRD akan memandang anda sebagai orang yang kreatif.

6. Draw A Man Test (DAM).

Pada bagian tes ini, anda akan diharuskan untuk menggambar seseorang, setelah itu anda juga harus mendeskripsikan usia dari seseorang yang anda gambar, jenis kelamin, serta aktifitas yang dilakukan orang tersebut. Dan jika anda ingin melalui tes ini dengan hasil yang memuaskan, ada baiknya jika anda menggambar orang tersebut seutuh mungkin, serta anda juga harus menggambar orang tersebut seakan-akan dia sedang melakukan aktifitas seperti seorang dokter yang sedang memakai pakaian dinasnya, seorang tani yang sedang membawa cangkul.

7. Army Alpha Intelegence Test.

Pada tes ini terdiri dari 12 soal yang sisinya kombinasi antara deretan angka serta deretan bentuk. Untuk mengatasi soal ini  anda diharuskan memiliki konsentrasi yang cukup kuat terhadap kata-kata yang diucapkan narator, dikarenakan narator tidak akan mengulang pertanyaannya yang telah terlontar. Selain itu, anda juga harus sabar serta jangan terburu-buru dalam menjawab setiap pertanyaan.

8. Menggambar Pohon.

Dalam tes ini, anda diharuskan untuk menggambar pohon dengan kriteria yang telah ditentukan. Dan cara yang bisa anda lakukan untuk menghadapi tes ini yaitu ketika anda ditugaskan untuk menggambar pohon, ada baiknya jika anda menggambar pohon nangka, karena tanaman ini berjenis dicoty. Jika anda memang tidak memiliki kemampuan dalam menggambar, namun anda harus berusaha menggambar sedetail mungkin. Untuk hasil yang lebih maksimal lagi, mungkin anda bisa memfoto pohon tersebut, setelah itu pelajarilah karakter jenis pohon yang nantinya akan anda gambar.

9. Edwards Personal Preference Schedule (EPPS).

Dalam tes ini berbentuk dari beberapa pilihan jawaban yang paling mencerminkan diri anda. Untuk menghadapi tes ini, ada baiknya jika anda menjawab setiap pertanyaan dengan jujur tanpa adanya kebohongan yang disesuaikan dengan kondisi anda.

Itulah beberapa bentuk tes psikotes serta tips dalam menghadapinya, pada intinya anda harus lebih banyak lagi berlatih serta berkonsentrasilah dalam mengerjakan setiap soal yang diberikan. Semoga berhasil.


Sumber: http://tipskarir.com/kunci-sukses-hadapi-psikotes-kerja/