You are here: Informasi Beda CV dan Resume

Beda CV dan Resume

Pasti diantara kalian ada yang masih bingung mengenai perbedaan antara CV dan Resume. Sudah merupakan sebuah hal yang sangat lumrah jika perusahaan akan meminta Curriculum Vitae (CV) atau Resume dari pelamar kerja ketika mencoba untuk melamar pada sebuah posisi pekerjaan. Tetapi, kadang masih banyak pelamar fresh graduate atau berpengalaman yang masih merasa bingung apa sebenarnya perbedaan antara CV dan Resume. Nah, apa saja perbedaaannya? Berikut Penjelasanya.


Keduanya sebenarnya hampir sama, hanya saja ada sedikit perbedaan di isi, tujuan dan panjang tulisan.

Curriculum Viate (CV)

Curriculum Vitae atau yang biasa disebut CV adalah dokumen yang mendeskripsikan secara kronologis mengenai data diri, pendidikan, pengalaman kerja, dan juga pencapaian prestasi yang berhasil diraih dalam pengalaman profesi dan bidang akademik. Secara bahasa, Curriculum vitae dalam bahasa Latin bisa diartikan sebagai Course of Life dan lebih banyak menunjukkan apa saja yang sudah dilakukan oleh pelamar sepanjang karirnyanya.

Dalam membuat CV sebaiknya informasi yang diberikan kepada perusahaan dan rekruter lebih detail mengenai apa saja pencapaian yang sudah Anda lakukan dalam sebuah posisi pekerjaan. Penggunaan CV diluar negeri memang lebih banyak digunakan oleh profesi yang bergerak dalam dunia pendidikan seperti dosen atau pengajar. Selain itu, penggunaan CV juga banyak digunakan oleh pencari beasiswa di perguruan tinggi. Bentuk CV lebih statis dan tidak banyak berubah dibandingkan dengan resume yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari lowongan pekerjaan yang ada.

CV atau Curriculum Vitae biasanya ditulis lebih panjang dan terdiri dari dua halaman atau lebih yang menjelaskan rangkuman latar belakang pendidikan anda, penghargaan yang pernah anda dapat serta prestasi apa saja yang telah anda capai selama ini.

Resume

Resume adalah CV dengan format yang lebih singkat. Dokumen ini merangkum pengalaman profesional Anda, menekankan pencapaian Anda, serta menginformasikan tentang tujuan karier Anda. Resume bersifat fleksibel karena setiap bagiannya bisa diatur sedemikian rupa untuk menekankan pencapaian tertentu. Data di resume tidak harus ditulis secara kronologis mengingat format resume dapat diubah sesuai dengan kebutuhan lowongan pekerjaan yang sedang Anda lamar.

Dalam menulis resume hal ini juga disebutkan namun secara ringkas tidak seperti di CV yang penyampaiannya disajikan per kategori dan lebih mendetail.

Nah, apa saja yang perlu diisi di CV atau Resume?

Dalam keduanya anda harus mencantumkan informasi kontak (nama, email & alamat), pendidikan, keahlian dan pengalaman. Sebagai tambahan, di CV perlu dicantumkan penghargaan, beasiswa, prestasi yang mungkin pernah anda raih serta informasi tambahan lainnya yang berhubungan dengan posisi yang hendak anda lamar.

Mulailah dengan membuat listing latar belakang pendidikan anda dari SD sampai Perguruan Tinggi, kursus atau training yang pernah diikuti hingga tingkatan selanjutnya.

Selanjutnya hal apa yang tidak perlu dicantumkan dalam CV. Anda tidak perlu mencantumkan foto, riwayat gaji, alasan berhenti kerja di perusahan sebelumnya serta surat rekomendasi dari perusahaan sebelumnya. Referensi harus dilampirkan terpisah dan berdasarkan permintaan pihak perusahaan yang baru.

Lalu, bagaimana cara menggunakan CV dan Resume ini dalam melamar sebuah lamaran pekerjaan?

Secara tidak langsung sebenarnya perusahaan di Indonesia lebih banyak menggunakan resume ketika membuka lowongan pekerjaan untuk mengetahui latar belakang kandidat.

Perusahaan biasanya akan menyediakan form CV ketika pelamar akan menjalani tes kerja di perusahaan tersebut.

Memang hal ini memang cukup tricky dan tidak ada aturan secara baku bila di Indonesia karena tidak ada standar sama sekali mengenai bentuk CV atau resume pekerjaan di Indonesia.

Hal ini sangat berbeda bila Anda berusaha mencari pekerjaan atau berkarir di luar negeri yang sudah memiliki standar baku seperti di Eropa yang memiliki European Union CV Format. Terlepas dari hal itu semua, konten dari CV dan resume merupakan titik yang harus Anda perhatikan. Pastikan seluruh informasi yang Anda berikan sudah benar dan sesuai dengan keadaan sebenarnya dan tidak mengada-ngada. Karena itu adalah tiket awal Anda untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan impian Anda. Salam sukses, Career Seekers!

 

Sumber:

Rangkuman dari http://www.jobloker.co.id/article/detail/?id=58 dan https://blog.karir.com/2019/01/10/perbedaan-antara-curriculum-vitae-cv-dengan-resume-apa-saja-ya-bedanya/