You are here: Informasi TIPS NEGOSIASI GAJI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN YANG LEBIH BAIK

TIPS NEGOSIASI GAJI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN YANG LEBIH BAIK

Sebelum Kamu melakukan negosiasi gaji dengan calon perusahaan yang akan memberi kerja, sebaiknya Kamu mencari informasi terlebih dahulu mengenai range gaji untuk pekerjaan tersebut serta seberapa banyak keahlian dan pengalaman Kamu yang dibutuhkan di perusahaan tersebut. Luangkan waktu Kamu untuk meneliti gaji jauh sebelum Kamu mulai dalam pembahasan mengenai gaji yang akan Kamu dapatkan. Dengan begitu, Kamu akan siap untuk mengajukan gaji yang Kamu inginkan dengan masuk akal.

Negosiasi gaji mencakup pada aspek diskusi mengenai tawaran pekerjaan dengan calon perusahaan untuk menegosiasikan paket gaji dan tunjangan yang sejalan dengan pasar kerja.

Negosiasi gaji yang paling produktif terjadi antara orang-orang yang menyadari bahwa mereka memiliki tujuan bersama: untuk mendapatkan karyawan dibayar sesuai dengan keterampilan dan pengalaman mereka.

Berikut adalah beberapa tips negosiasi gaji untuk mendapatkan penawaran yang lebih baik adalah:

Tunggu Waktu yang Tepat

Setelah Kamu tahu apa yang seharusnya Kamu dapatkan, setelah itu bagaimana cara Kamu untuk mendapatkannya? Mulailah dengan menjadi sangat sabar. Ketika mewawancarai untuk posisi baru, lakukan yang terbaik untuk tidak membahas kompensasi sampai atasan Kamu memberi tawaran.

Dasarkan Permintaan Gaji pada Data

Jika Kamu dipaksa untuk memberikan kisaran angka, maka berikan kisaran gaji berdasarkan penelitian yang telah Kamu lakukan. Gunakan penelitian ini untuk menginformasikan teknik negosiasi Kamu. Bicaralah tentang apa yang sesuai untuk peran tersebut, berdasarkan pada pengalaman Kamu dan apa yang Kamu tawarkan. Tahan godaan untuk berbicara tentang kebutuhan keuangan pribadi Kamu.

Gunakan Waktumu

Setelah Kamu menerima penawaran, Kamu tidak perlu langsung menerima atau menolak. Kamu bisa mengatakan bahwa “Saya harus memikirkannya” yang sederhana sehingga Kamu dapat membuat meningkatkan penawaran yang sebenarnya

Pertimbangkan Mengatakan Tidak

Jika Kamu tidak setuju dengan posisi itu, jawaban “tidak” juga dapat memberi Kamu tawaran yang lebih baik.

Tapi Jangan Menolak Pekerjaan yang Kamu Inginkan atau Butuh: Berhati-hatilah jika Kamu memang membutuhkan pekerjaan baru itu, ada risiko bahwa atasan akan menganggap bahwa Kamu menolak posisi itu dan beliau akan pindah ke kandidat berikutnya.

Negosiasikan Manfaat

Pertimbangkan apakah ada tunjangan dan tunjangan karyawan yang mungkin bisa dinegosiasikan, meskipun gaji tidak.

 

Sumber: https://www.karirpad.com/blog/tips-negosiasi-gaji/

written by Karirpad Content Writer