You are here: Informasi 5 Cara Meningkatkan Kreativitas di Kantor

5 Cara Meningkatkan Kreativitas di Kantor

Apakah kamu seringkali merasa kreativitas menurun saat bekerja? Hal ini memang wajar terjadi ketika kita merasa stress atau terlalu merasa lelah terhadap pekerjaan yang kita lakukan. Jangan merasa down atau menyerah dahulu ya. Yuk, simak beberapa cara meningkatkan kreativitas yang dapat kamu aplikasikan di kantor!

 

1. Selalu Ingin Tahu

Tahukah kamu jika sikap ‘kepo’ alias ingin selalu tahu ini ternyata dapat meningkatkan kreativitas, lho! Sikap ini akan menstimulasi kerja otak untuk selalu berimajinasi dan bekerja mencari hal-hal baru yang menarik.

Dengan stimulasi yang diberikan, otak akan fokus untuk mengeksplorasi sesuatu dari sudut pandang yang berbeda sehingga kamu tidak hanya kreatif, tapi juga dapat meningkatkan problem solving skill.

Gunakan ke-kepo-an kamu untuk mengeksplor alasan-alasan mengapa suatu hal bisa terjadi, bagaimana mereka bekerja, dan juga sebab-akibat yang ditimbulkan.

Jangan sungkan juga untuk bertanya dan buang jauh-jauh stigma ‘lemot’ jika kamu banyak pertanyaan, karena dengan pertanyaan-pertanyaan yang kamu lontarkan, semakin juga jawaban-jawaban yang akan membentuk sudut pandang baru.

Banyak-banyak membaca dari buku, internet, film, kursus, dan apapun yang membuat diri kamu rileks. Tidak hanya itu, sering ngobrol bersama teman-teman juga dapat meningkatkan kreativitas mu, lho!

So, banyak sumber yang dapat meningkatkan kreativitas asal kamu selalu ingin tahu.

2. Jangan Takut Gagal

Mengerjakan sesuatu tanpa ingin mencoba dengan alasan ‘aman’ ternyata tidak berdampak baik dengan kreativitas mu. Mengulang pekerjaan yang bersifat templates secara tidak langsung kamu menyuruh otak untuk bekerja dengan pola yang sama dan akhirnya membuat otak malas berpikir dan mengeksplorasi hal baru.

So, jangan takut untuk mencoba hal baru dan buang semua ketakutan untuk gagal karena gagal adalah sebuah pelajaran yang berharga. Tanpa kegagalan kamu tidak akan pernah belajar dari pengalaman yang akhirnya kamu akan ‘jalan di tempat’.

Konsep trial and error atau learning by doing bisa kamu terapkan saat kamu bekerja khususnya jika kamu adalah seorang pekerja kreatif yang membutuhkan ide-ide segar. Ingat, meningkatkan kreativitas bisa didapatkan dari berbagai sumber termasuk sebuah kegagalan. Kalau tidak dicoba tidak ada yang tahu kan?

3. Membangun Emosi Positif

Setiap orang memiliki emosi di dalam dirinya dan emosi tidak harus melulu soal kemarahan yang berapi-api. Bentuk emosi positif di sini maksudnya adalah rasa syukur, kasih sayang, suka cita, dan inspirasi. Emosi positif inilah yang dapat membangun kapasitas kita untuk melihat segala kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dan juga meningkatkan kreativitas kita dalam berpikir.

Emosi positif ini dapat dibangun dari hubunganmu bersama teman-teman, menyebarkan kebaikan dan pastinya bergaul dengan lingkungan yang positif dan suportif.

Lakukan hal-hal yang membuat diri kamu enjoy misalnya sesederhana memperbaiki ‘following’ mu di Instagram ke akun-akun yang menginspirasi sesuai dengan referensi dan passionmu. Kalau kamu enjoy, otakmu juga lebih kreatif untuk berpikir kan?

4. Mencatat

Sudahkah kamu membiasakan untuk mencatat semua yang kamu temukan atau kamu pikirkan? Hal-hal kecil yang kamu catat dapat menjadi inspirasi untuk mengasah kreativitas mu ke depan, lho! Jangan sampai setiap hal menarik yang kamu lihat dilewatkan begitu saja dan pada akhirnya terbuang secara sia-sia.

Untuk kalian yang masih suka untuk menulis di kertas, sudah saatnya kamu membeli planner ataupun notepad mini yang bisa dibawa kemana-mana. Jika kamu ingin lebih ringkes, mencatat di smartphone pun juga tidak masalah kok.

Menulis catatan ini tidak hanya sekadar menulis yang kamu temukan saja, kamu juga bisa mencatat pemikiran-pemikiran random yang muncul secara tiba-tiba. Ide random yang muncul bisa menjadi sesuatu yang berharga ke depannya, lho!

5. Tidur Sekejap

Mumet di kantor yang berakibat kamu tidak bisa berpikir dengan jernih dan kinerja menurun? Tidak ada salahnya kamu memejamkan mata sebentar alias melakukan power nap, lho! Power nap memiliki manfaat yang baik seperti me-refresh tenaga dan me-restart kerja otak untuk bekerja lebih baik.

Power nap ini juga dilakukan oleh para ilmuwan seperti Albert Enstein dan juga Nikola Tesla. Albert Einstein terkenal dengan kebiasaannya melakukan power nap di kursinya sambil memegang 2 buah bola metal yang gunanya untuk membangunkan dirinya jika ia tertidur nyenyak.

Power nap dipercaya dapat meningkatkan kreativitas karena saat tidur otak akan menghapus ingatan-ingatan lama yang dianggap tidak begitu penting sehingga saat bangun otak kita memiliki ruang kosong untuk diisi dengan ide-ide baru yang mungkin saja belum terpikirkan sebelumnya.

Teknik power nap untuk meningkatkan kreativitas ternyata bukan hanya asal memejamkan mata, namun Albert Einstein selalu menulis pertanyaan-pertanyaan dan list apa yang harus dilakukan selanjutnya sebelum tidur dan membuka kembali catatannya setelah bangun.

Dengan menulis catatan dan pertanyaan sebelum tidur, otak akan bekerja untuk memberikan solusi terbaik dari semua pertanyaan yang kita pikirkan.

Dari kelima cara yang dapat meningkatkan kreativitas, mana sajakah yang sudah pernah kamu coba? Atau kamu memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan kreativitas?

 

Sumber : https://glints.com/id/lowongan/meningkatkan-kreativitas-di-kantor/